Saturday, September 4, 2010

VRay Render Setup for 3DSMax : Quick basic render setup for newbie PART 2

V-Ray :: Indirect illumination (GI)

Salah satu kelebihan dari VRay adalah pada metode kalkulasi GI-nya yang bervariasi. Ada 4 metode (Irradiance map, Light cache, Photon map, Brute force) yang dapat anda pilih pada primary bounce & 3 metode pada secondary bounce (Light cache, Photon map & Brute force). Setiap metode mempunyai kelebihan & kekurangan masing-masing sesuai dengan tujuan dan hasil yang anda inginkan. Dalam tutorial ini render engine yang saya gunakan adalah:
  • Irradiance map sebagai primary bounce
  • Light cache sebagai secondary bounce.
 

 
V-Ray :: Irradiance map


Basic parameters Irradiance map dapat diganti secara praktis menggunakan preset yang telah tersedia. Ada 2 parameter penting yang dapat anda ubah sesuai kebutuhan anda, yaitu HSph. subdivs (HemiSphere Subdivs) dan Interp. samples (Interpolation samples). Jika anda masih pemula silahkan ikuti setting yang saya lakukan terlebih dahulu.



V-Ray :: Light cache




Pada setting Light cache ada 2 parameter yang paling berpengaruh pada kualitas kalkulasi Light cache pada render anda, yaitu Subdivs (semakin besar semakin meningkatkan kualitas render) dan Sample size (semakin kecil nilainya akan semakin meningkatkan kualitas render). Ikuti setting seperti pada gambar jika anda merasa belum terlalu paham pada tahap ini.


Setelah anda selesai pada tab "Indirect illumination", klik tab "Settings"


V-Ray :: DMC Sampler




Silahkan setting DMC Sampler sesuai pada gambar. Penjelasan lebih detail pada tahap ini akan dibahas pada tutorial VRay yang lain.


V-Ray :: System

Parameters pada VRay System pada dasarnya bervariasi menyesuaikan dengan sistem dan hardware komputer atau laptop yang anda gunakan. Untuk sementara biarkan apa adanya atau jika anda pertama kali menggunakan VRay, silahkan non-aktifkan frame stamp jika ingin menghilangkan informasi render yang muncul pada hasil render anda. 




Render setup anda telah siap digunakan, selamat mencoba... :)


 Hasil render test pada sebuah teapot yang telah diberi material brushed stainless dengan menggunakan render setup yang ada pada tutorial ini.  

Friday, September 3, 2010

CorelDraw Easy Color Blend

Trik mudah mencampur warna pada CorelDraw dengan cara yang praktis:

  1. Siapkan object yang akan anda beri warna.
  2. Tentukan warna dasar pada object tersebut seperti biasa
Jika anda ingin menambahkan (mencampurkan) sedikit warna putih pada warna dasar tersebut, anda dapat melakukannya secara praktis dengan cara klik object yang telah diberi warna dasar, tahan tombol Ctrl pada keyboard anda, klik warna putih, ulang cara yang sama untuk untuk menambahkan porsi campuran warna yang anda kehendaki.

Selamat mencoba, semoga berguna :)

Cara Install 3DSMax 2009 + VRay di Windows 7



Bagi yang mengalami masalah 3DSMax 2009 + VRay dengan Windows 7, berikut ini adalah tips cara install 3DSMax 2009 agar lebih kompatibel dengan VRay pada OS Windows 7:

  1. Install 3DSMax 2009 seperti biasa pada Windows 7
  2. Setelah 3DSMax 2009 terinstall, klik kanan pada shortcut 3DSMax 2009, pilih properties
  3. Pada menu properties pilih tab compatibility
  4. Ganti Compatibility mode dengan Windows XP (Service Pack 3), klik OK
Lakukan langkah yang sama pada file setup VRay dan Install VRay seperti biasa.

*Saya tidak membahas metode crack VRay pada blog ini. Jika anda menggunakan cracked VRay silahkan gunakan cara di atas setelah itu install VRay berdasarkan petunjuk cara install yang sudah tersedia sesuai versi VRay yang anda miliki.

KOMPETISI Desain.ID 2010

KOMPETISI Desain.ID 2010
 Meningkatkan Industri Kreatif di Indonesia
"Local Value, Modern Spirit and Green Touch"


Desain Interior termasuk dalam kelompok Industri kreatif, dimana pelaku-pelakunya adalah orang-orang yang memiliki kemampuan untuk membuat atmosfir ruangan dan fasilitas hidup lainnya menjadi lebih fungsional, artistik, aman, nyaman dan serasi sesuai dengan harapan dan keinginan para penggunanya. Dan juga memenuhi standar kesehatan yang diharapkan.

HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia) sebagai wadah interior designer Indonesia berusaha mengangkat hasil karya desainer Indonesia baik anggota professional, umum maupun calon desainer (mahasiswa) ke mata nasional, regional dan internasional melalui rangkaian kegiatan HDII. Sebagai anggota organisasi interior designer internasional seperti APSDA dan IFI, HDII akan terus mempublikasikan karya-karya desainer indonesia agar mampu bersaing di pasar dunia serta mewujudkan aspirasi para desainer dari seluruh indonesia.

Dengan adanya Kompetisi HDII 2010 kami sangat berharap karya-karya terbaik dari Anda akan bisa kami tampilkan dalam pameran internasional "Desain.ID" yang akan diselenggarakan oleh HDII pada bulan November 2010 di Jakarta Convention Center.

Kami menunggu karya-karya terbaik Anda untuk kami tunjukkan ke mata dunia bahwa karya desainer interior Indonesia adalah berkualitas dan patut dibanggakan. 

Thursday, September 2, 2010

ZBrush Tutorial by PictureBandit

VRay Render Setup for 3DSMax : Quick basic render setup for newbie PART 1

Saya asumsikan bahwa VRay sudah terinstal dan anda sudah memahami bagaimana cara mengganti render engine pada 3DSMax anda serta sudah pernah (paling tidak) mempelajari apa saja yang terdapat pada menu render setup VRay. Tutorial ini hanya sebagai pengantar untuk para pemula untuk memahami lebih dalam tentang render setup VRay secara sederhana dan (semoga) mudah dimengerti. Tutorial ini bukan untuk dijadikan standard setting yang harus anda gunakan terus menerus. Dalam tutorial ini saya akan memberikan render setup yang relatif cepat dengan hasil yang cukup optimal.

Okay, enough for the intro. Here we go :)

VRay Render Setup for 3DSMax : Quick basic render setup for newbie PART 1

V-Ray :: Global Switches


Pada dasarnya VRay adalah sistem render yang menggunakan kalkulasi cahaya sendiri yang berbasis GI (Global Illumination).
 
Matikan default lights & Hidden lights!
Why? karena kita tidak membutuhkan cahaya default atau cahaya yang tersembunyi (hidden) pada scene kita. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa VRay menggunakan kalkulasi cahaya sendiri.




 





 

V-Ray :: Image Sampler (Antialiasing)
Secara singkat setting ini berfungsi untuk mengatur metode kalkulasi filter pada hasil render anda. Sejauh ini metode image sampler yang menurut saya paling bagus adalah Adaptive subdivision, namun metode ini cukup memakan waktu dalam proses render anda. metode lain yang dapat anda gunakan dengan kualitas cukup namun relatif cepat adalah Adaptive DMC.


Ada banyak pilihan filter yang dapat anda gunakan. Setiap filter mempunyai karakter tersendiri yang berpengaruh terhadap hasil render anda, pilih yang sesuai dengan hasil yang anda butuhkan. Dalam tutorial ini saya menggunakan filter Mitchell-Netravali karena saya tidak terlalu suka dengan hasil render yang terlalu tajam.


V-Ray :: Environment

Roll-out ini berfungsi untuk mengatur atau mensimulasi pengaruh cahaya sekitar yang ada pada object yang akan anda render nantinya.
Dalam tutorial ini saya menghidupkan GI Environment (skylight) override




V-Ray :: Color Mapping
Color Mapping berfungsi untuk mengatur exposure pada scene yang akan anda render nantinya. Jika anda masih pemula saya anjurkan untuk menggunakan metode Exponential atau HSV Exponential karena 2 metode ini adalah metode yang paling aman untuk menghindari color burn pada scene anda (dengan konsekuensi warna yang ada pada material terkadang akan menjadi wash-out atau terkesan lebih muda). Anda dapat mencoba dan membedakan hasil dari tiap metode yang tersedia. Pilih metode yang sesuai untuk anda nantinya.