Thursday, September 2, 2010

VRay Render Setup for 3DSMax : Quick basic render setup for newbie PART 1

Saya asumsikan bahwa VRay sudah terinstal dan anda sudah memahami bagaimana cara mengganti render engine pada 3DSMax anda serta sudah pernah (paling tidak) mempelajari apa saja yang terdapat pada menu render setup VRay. Tutorial ini hanya sebagai pengantar untuk para pemula untuk memahami lebih dalam tentang render setup VRay secara sederhana dan (semoga) mudah dimengerti. Tutorial ini bukan untuk dijadikan standard setting yang harus anda gunakan terus menerus. Dalam tutorial ini saya akan memberikan render setup yang relatif cepat dengan hasil yang cukup optimal.

Okay, enough for the intro. Here we go :)

VRay Render Setup for 3DSMax : Quick basic render setup for newbie PART 1

V-Ray :: Global Switches


Pada dasarnya VRay adalah sistem render yang menggunakan kalkulasi cahaya sendiri yang berbasis GI (Global Illumination).
 
Matikan default lights & Hidden lights!
Why? karena kita tidak membutuhkan cahaya default atau cahaya yang tersembunyi (hidden) pada scene kita. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa VRay menggunakan kalkulasi cahaya sendiri.




 





 

V-Ray :: Image Sampler (Antialiasing)
Secara singkat setting ini berfungsi untuk mengatur metode kalkulasi filter pada hasil render anda. Sejauh ini metode image sampler yang menurut saya paling bagus adalah Adaptive subdivision, namun metode ini cukup memakan waktu dalam proses render anda. metode lain yang dapat anda gunakan dengan kualitas cukup namun relatif cepat adalah Adaptive DMC.


Ada banyak pilihan filter yang dapat anda gunakan. Setiap filter mempunyai karakter tersendiri yang berpengaruh terhadap hasil render anda, pilih yang sesuai dengan hasil yang anda butuhkan. Dalam tutorial ini saya menggunakan filter Mitchell-Netravali karena saya tidak terlalu suka dengan hasil render yang terlalu tajam.


V-Ray :: Environment

Roll-out ini berfungsi untuk mengatur atau mensimulasi pengaruh cahaya sekitar yang ada pada object yang akan anda render nantinya.
Dalam tutorial ini saya menghidupkan GI Environment (skylight) override




V-Ray :: Color Mapping
Color Mapping berfungsi untuk mengatur exposure pada scene yang akan anda render nantinya. Jika anda masih pemula saya anjurkan untuk menggunakan metode Exponential atau HSV Exponential karena 2 metode ini adalah metode yang paling aman untuk menghindari color burn pada scene anda (dengan konsekuensi warna yang ada pada material terkadang akan menjadi wash-out atau terkesan lebih muda). Anda dapat mencoba dan membedakan hasil dari tiap metode yang tersedia. Pilih metode yang sesuai untuk anda nantinya.

2 comments:

  1. oke...dah q follow...


    email q dinterior.iskandar@gmail.com


    ditunggu tuttorial2nya ko...hehheeheh

    ReplyDelete
  2. Gan... bisa Tolong sharing Tutorial instal V-ray? saya pake Windows XP dan 3D Max 9. Thanks banget sebelumnya Gan

    hermanto3d@yahoo.com

    ReplyDelete